Inilah Tujuan Dari Dana Desa Yang Bisa Dikembangkan


Inilah Tujuan Dari Dana Desa Yang Bisa Dikembangkan-Kondisi masyarakat miskin biasanya terkonsentrasi dalam sebuha desa. Maka dari itu pemerintah juga memberikan bantuan dana tidak hanya dalam lingkup besar seperti provisi atau kota saja. Melainkan dari lingkup terkecil yaitu desa. Sehingga munculah sebutan dana desa 2021.

Tentunya pemerintah menuruhkan dana bantuan ke desa itu untuk suatu tujuan yang bermanfaat. Dan mengharapkan masyarakat desa dapat memanfaatkan apa yang sudah diberikan oleh pemerintah. Apalagi di tahun 2021 ini, kondisi seluruh masyarakat sedang di ambang bawah, terutama dalam sector ekonomi akibat adanya pandemic. Maka dengan adanya dana dari desa, maka itu sedikitnya akan membantu warga yang ada di desa. Lalu apa saja sih tujuan bantuan dari dana desa 2021?

Berikut ini adalah beberapa penjelan mengenai macam – macam tujuan dana desa , yang pastinya berfokus pada peningkatan kesejahteraan hidup masyarakat. Dan tujuan dan desa itu bisa disalurkan dalam bentuk pemerataan pembangunan, pemberantasan kemiskinan dan juga menahan laju urbanisasi. Penjelasannya adalah sebagai berikut :

Dana Desa Untuk Tujuan Pemerataan Pembangunan

Pemerataan pembangunan adalah kunci awal bagi pemerintah untuk mneingkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya. Dengan melakukan pembangunan dari desa, tidak hanya dikota saja. Maka semua orang bisa melakukan mobilisasi dengan mudah. Misalnya adalah saat pemerintah melakukan pembangunan jalan – jalan di desa, maka masyarakat desa bias dengan mudah menjangkau ke kota atau ke daerah lain di luar desanya.

Jalan adalah sector pembangunan utama yang paling harus diperhatikan. Jika jalan raya di sutau desa tidak bagus atau tidak mudah diakses, maka masyarakat desa akan terkungkung di desa tersebut dan tidak bisa mengembangkan potensinya ke luar daerah. Jalan raya saya berfungsi untuk kelancaran transaksi warga desa, sehingga masyarakat desa bisa menjual hasil alam yang mereka tanam atau produk yang mereka jual ke kota dengan biaya perjalanan yang jauh lebih ringan.

Jangan hanya masyarkat kota saja yang menikmati mulusnya jalan, tetapi warga desa dibiarkan dengan jalan berbatu yang membuat biaya transportasi mahal dan sulit. Maka pemerintah bisa menyiasatinya dengan melakukan pemerataan pembangunan.

Dana desa 2021 ini bisa dimanfaatkan untuk membuat beberapa infrastruktur seperti jalan raya, jembatan, pembangunan bangunan umum, dan lain sebagainya. Dengan begitu maka masayarakat desa bisa lebih mudah dalam melakukan perkembangan ekonominya.

Dana Desa Untuk Tujuan Pemberantasan Kemiskinan

Salah satu dari tujuan diberikannya dana desa yaitu adalah untuk memberantas kemiskinan. Angka kemiskinan di Indonesia cukup tinggi. Sehingga perlu sekali upaya – upaya yang dapat mendorong masyarakat untuk keluar dari jerat kemiskinan.

Menyambung dari penjelasan tentang pemerataan pembangunan, salah satu dari penyebab kemiskinan warga desa adalah penghasilan yang minim, mereka tidak bisa menjual produk ke luar daerah karena akses jalan yang rusak. Sekalipun akses jalan dapat ditempuh biaya transportasinya mahal, maka dengan adanya pembangunan jalan, maka biaya transportasi untuk menjual hasil bumi dan lain sebagainya bisa lebih kecil.

Dengan begitu masyarakat desa bisa memperoleh hasil atau pendapatan yang lebih besar karena tidak harus mengeluarkan biaya transport. Terkadang biaya modal transport itu bisa menghabiskan setengah lebih dari keuntungan mereka.

Maka untuk memberantas kemiskinan bisa dengan disediakan berbaagai infrastruktur oenunjang dari dana desa. Selain jalan, faislitas lain seperti mesin canggih untuk pertanian dan lain sebagainya juga sangta dibutuhkan untuk meningkatkan pendapatan masyarakat desa.

Dana Desa Untuk Menahan Laju Urbanisasi

Karena kurangnya lapangan pekerjaan di desa, menjadikan warganya menjadi sulit untuk memperoleh pekerjaan. Maka imbasnya adalah banyak warga desa yang pergi merantau ke kota, sedangkan di kota persaingan untuk mendapatkan pekerjaan juga sulit. Jika warga desa tidak memiliki potensi yang handal, di kota juga akan hidup miskin bahkan jauh lebih susah disbanding hidup di desa.

Maka untuk menghambat laju urbanisasi di desa, perangkat desa bisa menggunakan dana desa 2021 untuk membangun suatu bisnis yang berkelompok. Atau bisa membangun pasar desa yang dapat dimanfaatkan oleh wargnaya untuk berniaga. atau yang paling berpotensi meningkatkan jumlah lowongan pekerjaan adalah dengan mengelola wisata di desa untuk di Kelola oleh masyarakat desa.

About rekamirandani 47 Articles
Hello guys... Welcom to my blog Reka Mirandani

Be the first to comment

Leave a Reply