Contoh Teknologi Ramah Lingkungan yang Cocok untuk Indonesia


Contoh Teknologi Ramah Lingkungan yang Cocok untuk Indonesia – Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak potensi, sehingga jika dimanfaatkan dengan tepat, adanya pencemaran lingkungan bisa ditekan.

Seperti yang diketahui, banyak masalah yang terjadi di Indonesia karena masyarakatnya kurang perduli dengan lingkungan. Hal tersebut terlihat dengan banyaknya aktivitas yang membuat lingkungan menjadi tercemar, mulai dari pengolahan limbah yang kurang tepat, hingga penggunaan bahan bakar fosil yang tidak terkendali.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah memulai langkah dengan menganjurkan masyarakat menggunakan contoh teknologi ramah lingkungan ini. Jika digunakan secara berkelanjutan, bukan tidak mungkin ia bisa membuat lingkungan di Indonesia makin tertata.
Berikut ini adalah beberapa contoh teknologi yang ramah dengan alam, yang sudah mulai di kampanyekan oleh pemerintah, diantaranya adalah:

Panel Surya

Contoh tekonologi ramah lingkungan yang pertama adalah penggunaan teknologi tenaga surya untuk menggantikan tenaga listrik konvensional dari PLN. Panel dengan tenaga surya dianggap cocok dengan iklim di Indonesia yang mendapatkan sinar matahari secara berkala sepanjang tahun.
Di musim hujan sekalipun, matahari masih terasa cahayanya walaupun tidak sesering biasanya. Panel surya yang direkomendasikan adalah panel surya dengan efek photovoltaic agar pengambilan tenaga lebih maksimal dilakukan.

Energi matahari yang telah diambil dari contoh teknologi ramah lingkungan ini kemudian disalurkan ke baterai dan mesin yang ada di dalam panel untuk dibuat menjadi listrik. Listrik tersebut nantinya akan disalurkan di rumah-rumah untuk memenuhi kebutuhan domestic.

Rooftop Garden

Teknologi selanjutnya yang direkomendasikan untuk digunakan di Indonesia adalah rooftop garden, yakni penanaman tanaman di atap bangunan. Cara ini menjadi pilihan yang tepat, karena cuaca di kota besar cukup panas, namun di tanah sudah tidak bisa ditanami karena di semen. Mengatasi masalah tersebut, maka penanaman di atap bisa menjadi pilihan yang tepat karena tidak membutuhkan banyak tempat.

Penanaman di atap juga tidak sulit dilakukan karena penyiraman dan penjagaan tanaman bisa dilakukan secara berkala, lagipula kemungkinan rusak oleh tangan jahil juga lebih rendah. Jika dilakukan dengan tepat, maka suhu udara di kota besar seperti Jakarta atau Surabaya bisa ditekan dengan baik. Taman yang ada di atap juga bisa digunakan sebagai ruang rekreasi gratis, yang bisa dinikmati siapapun yang bekerja atau beraktivitas di gedung tersebut. Jadi, pantas saja jika rooftop garden bisa dijadikan sebagai contoh teknologi ramah lingkungan terbaik.
Kincir Angin

Contoh teknologi selanjutnya adalah kincir angin, yang bisa dipasang di desa-desa atau wilayah dengan sirkulasi udara yang baik. Kincir angin bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, dari pembangkit listrik, irigasi air, hingga memenuhi kebutuhan domestik masyarakat di sekitarnya.
Demikianlah beberapa contoh teknologi ramah lingkungan yang bisa dipertimbangkan untuk dipakai di Indonesia. Anda bisa membaca informasi yang lebih lengkap mengenai topik tersebut di https://www.teknois.id/, situs yang menyediakan informasi bermanfaat untuk kemajuan.

About rekamirandani 47 Articles
Hello guys... Welcom to my blog Reka Mirandani

Be the first to comment

Leave a Reply